Cara Membedakan Rom Official, Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor Pada Semua HP Xiaomi


Perbedaan Antara Rom Official Dan Rom Distributor Pada Semua HP Xiaomi- Masalah rom memang sudah menjadi hal yang biasa ditemukan pada HP Xiaomi, karena beberapa HP xiaomi ini ada yang masih beredar secara ilegal di negara Bhineka ini, pasalnya setiap produk yang masuk ke Indonesia harus memenuhi syarat TKDN, dan harus 20% harus menginduk produk lokal, agar semua produk yang berdagang di Indonesia beredar secara resmi.

Sebelumnya saya tidak pernah menemukan is Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor pada ponsel yang pernah saya gunakan, dulu saya pernah menggunakan HP oppo, asus, sony, LG, dan saya tidak pernah menemukan hal yang ganjal pada masing-masing rom yang disediakan masing-masing developernya, dan tidak pernah menemukan kendala saat akan install custom recovery, semua berjalan noramal tanpa harus reques UBL, Pindah rom ke official, dan masalah lainnya, namun semenjak saya berhijrah ke HP xiaomi redmi note 2 waktu itu, baru saya menemukan istilah rom distributor atau yang akrab dengan telinga user xiaomi rom abal-abal, rom terkutuk dan istliah-istilah lainnya.

karena memang ngoprek HP adalah hobi saya, maka saya pun mencari info lebih lanjut tentang xiaomi, dan saya banyak menemukan hal yang baru yang mana belum pernah saya temukan sebelumnya, selama kegiatan ngoprek hp, dan ternyata banyak masalah yang saya temukan pada perangkat xioami ini, namun itu menjadi tantangnan yang baru bagi saya, karena ada hal yang baru yang saya dapatkan.

dari beberapa masalah yang saya temukan, saya selalu menemukan solusi untuk memeperbaikinya, karena memang masalah ini timbul dari perangkat lunak saja tidak termasuk perangkat keras, meski ada beberpa yang mengalami masalah dalam hardwarenya.


salah satu hal yang baru yang saya temukan adalah istilah-istilah ini Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor, karena dari setiap rom ini memiliki perbedaanya masing-masing, nyaris sama namun beda, yang pasti fungsinya sama saja, nah lalu apa yang membedakan antara Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor ini, sehingga menjadi perbincangan yang gencar didiskuikan disetiap forum xiaomi yang saya temukan? berikut ini saya akan mencoba untuk memberikan gambaran perbedaan antara Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor.

karena saya sudah pernah menggunakan semua rom tadi di HP saya, jadi artikel ini saya tulis dengan pengalaman saya sendiri, yuk simak ulasanya berikut ini:

Cara Membedakan Rom Official, Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor Pada Semua HP Xiaomi


1. Rom Distributor:

rom distributor atau yang biasa disebut dengan rom kutukan, rom abal-bal, ini muncul setalah Mentri Perindustrian Republik Indonesia, memperketat pemasaran luar yang beredar di Negara kesatuan ini, Tiga kementerian Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). telah sepakat untuk mensyaratkan TKDN sebesar 30 persen pada berbagai perangkat genggam berteknologi 4G dan mengumumkan akan memberlakukannya pada 1 Januari 2017.

dari semenjak itu, xiaomi juga banyak beredar secara tidak resmi di Indonesia ini, sehinggan mereka haru masuk dengan jalur distributor, yang mana disinilah penyuntikan Rom dilakukan sehingga terjadilah beberapa hal yang berubah seperti berikut ini:

Ciri-Ciri Rom Distributor


  • OS (Operating System) tidak berjalan dengan baik
  • Banyak iklan yang muncul
  • Tidak pernah ada Update
  • Versi Rom biasanya lebih dari 5 angka, contoh: v7.888.999.000
  • Apk sering crash
  • baterai boros
  • konsumsi RAM tidak wajar
  • kamera bermaslah
  • dan masih banyak masalah lainnya


2. Rom China

Mengapa dinamakan ROM China?
Karena ROM ini sebenarnya diperuntukkan bagi mereka yang tinggal di Tiongkok. Karena di Negeri tiari bambu itu banyak pembatasan dalam menggunakan jaringan sosial media seperti Google tidak boleh atau Facebook yang diblokir dan sebagainya. oleh karena itu xiaomi membuat rom khusus untuk di China.

Ciri-ciri Rom China Stabil

1. Rom China adalah Rom resmi dari Xiaomi
2. Tidak menyertakan GAPPS (Google Apps and Services)

  • PlayStore
  • Keep
  • Maps
  • Gmail
  • Facebook

dll
3. tidak ada b. Indonesia
4. banyak bloatware
5. Tersedia Update
6. official chin terdiri dari 4 angka contohnya v7.2.3.0, v7.3.2.0 atau v7.3.6.0

Ciri-ciri Rom China Developer


  • Biasanya diawali dengan angka 6
  • terdapat tulisan beta pada miui version. Silahkan cek di bagian setting > about phone
  • lebih cepat dapat update dari rom china stabil biasanya 1 minggu sekali di hari hari jumat. Istilahnya orange Friday.
  • Mendapatkan fitur baru MIUI lebih awal
  • Sampai kapanpun rom dev china akan bersatus beta


3. Rom Global

Rom global adalah rom yang digunakan secara Universal, artinya rom ini berada dimana-mana mungkin orang tiongkok juga ada yang menggunakan Rom global ini, tentu rom ini yang lebih banyak digunakan oleh user xiaomi selain dari pribumi, Tiongkok.

Ciri-ciri Rom Global Stabil


  • Sudah ada GAPPS
  • Ada B. Indo
  • Tidak ada bloatware
  • Tersedia update


Ciri-ciri ROm Global Developer

  • Hampir sama dengan Dev China yang membedakanya hanya ada B.Indo pada rom Global Dev ini.


Demikian perbedaan antara ketiga Rom Official, Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor Pada Semua HP Xiaomi, semoga dapat memberikan solusi pada kebingungan sobat dalam membedakanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membedakan Rom Official, Rom Global, Rom China Dan Rom Distributor Pada Semua HP Xiaomi "

Post a Comment

Selamat Datang di Blog Pekanan.com